Pabrik Semen Tertua Indonesia

2
887

Pabrik Semen Tertua Indonesia

Pabrik Semen Tertua Indonesia atau pertama di Indonesia, di Provinsi Sumatra Barat. Pabrik Semen Tertua Indonesia, yang sekarang di bangga-banggakan orang minang dengan nama sekarang adalah PT. SEMEN PADANG, berdiri nya pabrik tertua itu di resmikan pada Tahun 1910, tepat nya 18 Maret 1910. Di awali sejak era penjajahan belanda, penjajahan jepang, era kemerdekaan hingga di ambil alih oleh pemerintahan indonesia pada 5 juli 1958. Itu lah semen padang berani memiliki motto Kami sudah membuat sebelum yang lain memikirkan nya”.

Berawal dari satu pabrik semen yang di juluki Indarung I, berangsur angsur berkembang dan bertambah dengan Indarung II, III, IV dan V. Kini Pabrik Indarung VI adalah pabrik semen terbaru yang di kembang kan oleh PT. Semen Padang.

Sejak 1995, saham PT Semen Padang dialihkan ke PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang kini telah berganti nama menjadi PT. SEMEN PADANG sejak 7 Januari 2013. Namun Produk pabrik, tetap menggunakan merek Semen Padang.

logo-semen-300x198 Pabrik Semen Tertua Indonesia

Logo Semen Padang

Peduli Lingkungan

Industri Semen selalu di sorot sebagai Industri yang tidak ramah lingkungan.
Semen Padang walau pun pabrik tua, namun selalu mengikuti tren masa sekarang ini. Konsep Industru Hijau (green industry) juga telah di adopsinya. Sejalan dengan kantor pusatnya (PT Semen Padang Tbk) telah kerja sama dengan WEGI dalam pengelolaan lingkungan.

Aktivitas peduli lingkungan yang telah diterapkan adalah penanaman pohon untuk mengurangi debu, efisiensi bahan bakar dengan menggunakan alternatif bahan bakar, mengurangi pemakaian bahan baku dengan substitusi alternative material, serta mengupayakan menjaga tingkat kebisingan di dalam pabrik.

Kesungguhan dan keseriusan manajemen PT Semen Padang untuk memperbaiki kinerja nya dengan konsep industri hijau, tentunya mendapatkan predikat PROPER hijau tinggal selangkah lagi, bahkan tidak tertutup kemungkinan dalam kurun waktu 3-5 tahun lagi mampu meraih predikat PROPER emas.

Semen Padang juga berupaya menjadi perusahaan semen yang unggul dengan sumber daya manusianya yang handal dalam bidang ketenaga kerjaan, untuk mencapai keberlanjutan, ada empat pilar yang diterap kan oleh kelompok bisnis Semen Indonesia yakni pendidikan pelatihan pekerja, pelatihan dan pendampingan sosial ekonomi masyarakat, pelatihan dan peningkatan kompetisi calon tenaga kerja lokal,pendidikan ketrampilan dan kejuruan sesuai kebutuhan perusahaan.
Dan sosial ekonomi (bantu tanggap bencana alam, pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat serta pemberdayaan mitra bisnis dan UKM.) KLIK

 

 

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR